EN | ID
Tutup

Punya Ruang Terbatas? Terapkan 4 Ide Desain Interior Dapur Semi-terbuka

diposting 30 Oktober 2020

Punya Ruang Terbatas? Terapkan 4 Ide Desain Interior Dapur Semi-terbuka

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

Beberapa lebih memilih untuk menyembunyikan apa yang ada di dapur, tetapi beberapa menginginkan desain dapur terbuka untuk menghibur tamu dan membuat ruang lebih luas. Sayangnya, ada gangguan tertentu pada salah satu desain dapur yang Anda pilih. Desain dapur yang tertutup rapat dapat menghalangi cahaya dan ventilasi, dan di sisi lain, asap dan minyak akan menyebar ke ruang, furnitur, dan pakaian Anda lebih cepat di tempat terbuka.

Berbeda dengan ruang tersembunyi yang Anda tempatkan di salah satu ujung rumah, dapur terbuka dapat dikombinasikan dengan desain interior ruang tamu, biasanya ruang tamu atau ruang makan. Desain ini dimaksudkan untuk menampilkan elemen gaya dan desain yang sama.Terkadang desain dapur terbuka bahkan dapat dirancang selaras dengan area luar rumah untuk memungkinkan aktivitas makan yang menghibur.

Secara keseluruhan, ide di balik desain dapur terbuka adalah mengundang keterbukaan ruang. Anda pastinya ingin menampilkan desain atau teknik modern dapur Anda dalam persiapan makanan. Selain itu, desain dapur terbuka berfungsi untuk menciptakan lebih banyak ruang dengan menghilangkan sebanyak mungkin sekat struktural. Nah, jika Anda tidak dapat memilih antara satu atau konsep desain yang lain, mengapa Anda tidak menggabungkan gaya desain dapur keduanya?

Cara Mendesain Konsep Semi-terbuka Saat Renovasi

Sementara desain terbuka telah menjadi pilihan sangat populer bagi banyak pemilik rumah, beberapa rumah tidak mudah menyesuaikan denah lantai konsep terbuka. Untuk desain rumah tersebut, membuka sebagian ruangan atau membuat konsep denah semi-terbuka dapat meningkatkan aliran udara di dalam rumah Anda.

Konsep terbuka memang hadir dengan beberapa tantangan pemilik rumah. Salah satu masalah dari konsep yang sepenuhnya terbuka adalah terkadang sulit untuk menyembunyikan hal-hal seperti dapur yang berantakan. Misalnya saja, Anda memasak untuk makan malam dan makanan siap disajikan, kemudian Anda siap untuk duduk di meja. Pemandangan peralatan dapur yang berantakan di ruang terbuka dapat mengurangi ketenangan makan malam Anda, terutama saat Anda kedatangan tamu.

Jadi apa solusinya? Konsep desain dapur semi-terbuka bisa menjadi pilihan Anda. Nah, jika Anda tidak dapat memilih antara satu atau konsep desain yang lain, mengapa Anda tidak menggabungkan gaya desain dapur keduanya?

Konsep desain semi-terbuka menawarkan yang terbaik dari kedua desain, keterbukaan tanpa semua kekacauan, kebisingan, atau pengaruh minyak dan bau. Berikut beberapa cara menciptakan desain dapur semi-terbuka yang interaktif dan fungsioanl.

Manfaat Desain Dapur Semi-terbuka

Desain lantai terbuka menwarkan banyak menafaat kepada Anda sebagai pemilik rumah seperti menciptakan aliran yang lebih terbuka ke seluruh ruang yang membuat suasana lebih hidup, garis pandang yang sangat baik, dan memberikan rumah Anda banyak cahaya alami. Misalkan saja, daripada benar-benar membuka ruang makan ke dapur, Anda dapat mendesain ruang makan semi-terbuka dengan membuka dinding dan memasang pintu bergaya geser ganda. Cara ini berarti Anda dapat membuka pintu saat menyiapkan makan untuk berinteraksi dengan tamu, lalu mentuupnya untuk menyembunyikan peralatan dapur yang kotor saat makanan disajikan.

Desain konsep dapur semi-terbuka memungkinkan Anda memanfaatkan cahaya alami yang ada dengan membuka ruang tamu Anda. Selain itu, memiliki desain interior semi-terbuka tetap dapat menciptakan suasana yang hangat dan ramah dengan menyembunyikan area ruang keluarga Anda, tanpa memisahkan Anda dari keluarga atau tamu.

desain dapur semi terbuka

Desain Dapur Semi-terbuka Partisi Kaca Tanpa Bingkai

Interior dapur yang dilengkapi dengan dinding kaca tanpa bingkai mungkin merupakan cara paling minimalis untuk membuat sekat dapur dari bagian rumah lainnya. Partisi kaca tersebut memungkinkan visibilitas maksimum, dan juga menghalangi asap atau bau masakan memasuki area lain di dalam rumah Anda.

Gunakan Panel Kaca pada Desain Interior Dapur Semi-terbuka

Dinding kaca dengan bingkai hitam menjadi sentuhan trendi dan berkarakter pada partisi kaca tanpa bingkai. Biasanya, desain dapur yang menggunakan panel berukuran lebih besar dan bingaki tipis akan berfungsi dengan baik. Konsep ini sesuai dengan Anda yang menginginkan estetika gaya kontemporer yang lebih minimalis, sementara desain dapur yang menggunakan bingkai lebih tebal berfungsi lebih baik untuk rumah dengan tema interior industrial.

Desain Interior Dapur Semi-terbuka dengan Bi-folding

Pembatas lipat dengan desain bi-folding, berbingkai atau tanpa bingkai akan memberi interior dapur Anda yang dapat dikonversi. Anda dapat dengan mudah menutup jendela dapur selama persiapan makan atau saat AC dinyalakan, dan membukanya saat dapur bersih. Desain yang membuat dapur Anda tetap bisa disembunyikan jika dalam keadaan berantakan, tanpa merasa menjadi ruangan tertutup.

Konsep Sekat Pass-through Window pada Desain Dapur Semi-terbuka

Cara selanjutnya untuk menyesuaikan pembatas lipat dalam skala yang lebih kecil dengan mengubahnya menjadi jendela. Jendela lipat yang didesain di atas meja membuat lorong dapur yang menjadi tempat penyajian makanan lebih mudah dan menyenangkan. Anda juga dapat memasang potongan di dinding dapur atau menggantung lemari untuk membentuk jendela saja, mirip seperti drive-through atau konsep kafe pop-up.

Gunakan Lemari Secara Kreatif dalam Desain Interior Dapur Semi-terbuka

Jika Anda memerlukan banyak lemari untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan Anda di dapur atau jika Anda sedang mencari cara kreatif untuk memasukkan sedikit pemisahan antara dapur dan ruang keluarga Anda, pertimbangkan pintu kaca. Lemari pintu kaca dua sisi dapat menawarkan yang terbaik di ruangan Anda.

Menggantung lemari dengan pintu kaca dua sisi dapat membuat dapur Anda memiliki cahaya alami dan terasa terbuka sambil memberi Anda privasi, dan ruang penyimpanan yang Anda butuhkan. Adanya lemari kreatif juga merupakan solusi yang sangat baik untuk dapur yang lebih kecil. Pintu kaca ganda dapat membantu menjaga area tersebut tetap terbuka dan luas tanpa tidak mendesain ruang penyimpanan.

Jika Anda khawatir dengan isi lemari Anda yang dipajang, Anda bisa mendapatkan efek terbuka yang sama dengan menggunakan kaca buram untuk memperluas tampilan. Anda masih akan menikmati manfaat cahaya alami yang tersebar sambil menyembunyikan peralatan gelas dari pandangan. Lemari berbingkai kaca menjadi pilihan sempurna untuk menyeimbangkan kebutuhan penyimpanan dapur Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai desain interior dapur semi-terbuka. Anda bisa mendiskusikan pilihan Anda yang akan membantu Anda menciptakan ruang dapur yang sempurna. Secara kreatif menggunakan pintu, menambahkan lemari berbingkai kaca, dan menerapkan konsep desain interior dapat memungkinkan Anda memiliki keterbukaan yang Anda inginkan dengan privasi yang Anda butuhkan. Anda bisa menghubungi kami melalui customer service pada halaman website ini dan kami wujudkand desain dapur semi-terbuka yang Anda butuhkan.

Untuk artikel lain mengenai residensial, Anda dapat membacanya lebih lanjut di www.hydeliving.co.id dan Anda akan menemukan banyak informasi menarik mengenai residensial.


Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu