EN | ID
Tutup

Inovatif Desain: Outdoor Restoran Bisa Menjadi Permanen

diposting 20 Agustus 2020

Inovatif Desain: Outdoor Restoran Bisa Menjadi Permanen

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Makan di luar ruangan telah terbukti menjadi cara kehidupan bagi restoran tidak hanya di Jakarta saja, tetapi di seluruh negara, karena tempat makan di dalam ruangan masih jauh dari pilihan tempat makan favorit pada saat ini dalam pandemi COVID-19 baru. Namun, dihadapkan dengan kebijakan yang ketat, arsitek, desainer, dan pemilik restoran di setiap negara untuk menemukan cara-cara kreatif untuk menjaga agar pengunjung tidak terinfeksi sambil merancang area tempat makan di luar ruangan yang estetis. Mungkin saja, makan di ruang terbuka akan menjadi bagian dari kebijakan protokol kesehatan, seperti yang terjadi di New York. Kota tersebut telah mengizinkan restoran untuk membuat area makan di luar ruangan, kebijakan ini dibuat untuk membantu usaha kecil agar tetap bertahan, dan di antara langkah-langkah yang diusulkan dalam Open for Business, langkah memperluas ruang terbuka yang masih ada.

Program makan malam di luar pertama kali di kota New York dibuat ketika Rockwell Group dan NYC Hospitality Alliance bekerja sama unutk membuat desain modular yang dapat diterapkan tentang bagaimana pengunjung dapat dengan aman memenuhi trotoar tanpa menganggu arus pejalan kaki di kota tersebut. Ide untuk menempatkan area tempat duduk di luar ruangan yang diperbesar di jalan-jalan yang ditutup. Lebih dari 9.000 restoran dan bar telah berhasil membuka area makan di luar ruangan.

Namun, kebjakan ini ada jangka waktu yang berlaku. Kota New York sendiri memiliki rencana untuk menetapkan area makan di luar ruangan menjadi permanen untuk membantu restoran mengatasi gelombang pandemi COVID-19 di masa depan. Tidak hanya di New York saja, Californi juga telah menjajaki bagaimana cara menutup jalan dan membuat desain yang memungkinkan restoran untuk berkembang ke luar setikdanya pada masa depan. Arsitek dan desainer telah merencanakan metode desain yang dapat membantu toko dan restoran memindahkan operasi mereka ke luar ruangan. Jadi, tidak hanya restoran saja yang bisa menggunakan luar ruangan, tetapi ritel bisa juga dibuat desain area luar ruangan yang estetis.

Area Makan di Luar Ruangan

Meskipun ruang makan, bar, dan dapur restoran adalah bagian penting dari desain restoran, jangan lupakan area luar dan pintu masuk. Bagaimanapun, area tersebut adalah area pertama yang dilihat pengunjung Anda. Apalagi bagi Anda yang ingin membuka area makan ke luar ruang restoran Anda. Papan tanda, pencahayaan, tempat duduk, dan dekorasi hanyalah beberapa area yang perlu Anda pertimbangkan saat membuka restoran baru.

Pencahayaan dan Desain Papan Tanda Restoran

Untuk memudahkan desain area luar ruangan restoran Anda, sebaiknya rambu parkir, dilarang merokok, buka/ tutup dan rambu lain yang Anda pasang di luar pintu masuk restoran Anda juga harus didesain secara tepat. Penanda itu akan terlihat baik dan bertahan lebih lama daripada tanda tulisan tangan sederhana atau yang Anda cetak sendiri.

Selain papan tanda, Anda juga harus memperhatikan pencahayaan yang memadai diperlukan untuk keselamatan serta suasana pengunjung Anda. Beberapa lampu yang dipasang di luar ruangan yang ditempatkan secara strategis akan menciptakan pencahayaan yang cukup tanpa membuat pengunjugn merasa tidak nyaman.  Lampu-lampu kecil juga menambahkan sentuhan unik pada pencahayaan luar ruangan.

Penataan Tempat Sampah

Menempatkan tempat sampah atau tempat rokok di samping pintu masuk Anda dapat mencegah punting rokok dibuang di tanah. Namun, banyak orang mungkin tidak senang harus berjalan menembus asap untuk memasuki restoran Anda. Dan Anda juga sebaiknya mempertimbangkan bahwa banyak kota dan negara memiliki kebijakan yang melarang rokok berada lebih dari pintu masuk umum mana pun. Apalagi dalam situasi pandemi, Anda harus menjaga kebersihan restoran Anda agar pengunjung merasa aman dan nyaman.

Informasi Restoran

Jika Anda ingin membuat area makan di luar ruangan, Anda dapat memasang papan menu luar atau kotak menu kaca yang dipasang di sebelah pintu masuk restooran baru Anda adalah cara yang bagus untuk menampilkan menu makanan restoran baru Anda dan memikat beberapa pejalan kaki. Jangan lupa untuk pastikan restoran Anda memiliki pencahayaan yang memadai untuk papan menu, sehingga pengunjung bisa membacanya di malam hari juga. Bersamaan dengan papan menu yang dipasang di dinding, Anda juga dapat menggunakan papan di trotoar untuk mengiklankan menu spesial di restoran Anda.

Penataan Letak Tempat Duduk Terbuka

Jika Anda memiliki ruang tersisa pada area luar ruangan restoran, Anda dapat menempatkan satu atau dua bangku bagi pengunjung Anda untuk menunggu, Anda perlu memperhatikan penataan letak tempat duduk yang sesuai dengan kebijakan protokol kesehatan pada masa pandemi. Anda juga bisa menyiapkan beberapa meja dan kursi kecil, yang ditata dengan memiliki fungsi mengingatkan pada desain kafe pinggir jalan negara Prancis. Tidak hanya tata letak tempat duduk saja, Anda juga harus memilih furnitur yang menarik dan tahan lama. Meskipun Anda mungkin dapat menemukan beberapa furnitur luar ruangan, Anda harus memilih furnitur untuk luar ruangan yang kokoh, ideal untuk penggunaan komersial, dalam berbagai gaya yang sesuai dengan konsep atau tema desain restoran Anda.

Mempercantik Area Makan Luar Ruangan

Anda dapat memperluas area restoran Anda ke pintu masuk Anda dengan memberikan suasana musik yang tepat. Banyak restoran yang menggunakan konsep desain restoran seperti ini. Ditambah dengan masa pandemi, arsitek, desainer, dan pemilik restoran mendesain area makan di luar restoran dengan desain yang tepat dan aman untuk para pengunjung. Jika Anda ingin membawa musik, pastikan music Anda tidak terlalu keras untuk di jalanan. Tenda di area pintu masuk restoran Anda juga memiliki banyak kegunaan. Ini akan melindungi pengunjungi Anda dari hujan dan matahari dan berfungsi sebagai tanda untuk restoran Anda. Dan itu menambahkan suasana ramah ke restoran. Anda harus memilih warna dan desain restoran tertentu yang sesuai dengan tema desain restoran Anda.

Beberapa jendela yang dilengkapi dengan hiasan interior dapat benar-benar menambahkan tampilan menarik pada desain restoran Anda. Ini merupakan cara yang mudah dan budget rendah untuk cara menghias restoran Anda. Bahkan jika Anda ragu untuk menempatkan nuansa hijau pada restoran, Anda dapat meminta karyawan restoran Anda untuk mengawasi tanaman dengan menyiram dan memangkas tanaman di restoran Anda.

Itulah hal yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin mendesain area makan di luar ruangan restoran Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk mendesain restoran, Anda dapat menghubungi kami melalui customer service yang ada pada halaman website ini.

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Artikel ini disadur dari archdaily.com

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu