EN | ID
Tutup

Ingin Gunakan Jasa Desain Interior? Yuk Ketahui Biaya yang Perlu Disiapkan

diposting 4 Maret 2020

Ingin Gunakan Jasa Desain Interior? Yuk Ketahui Biaya yang Perlu Disiapkan

Bangunan akan memiliki fungsi yang baik jika ruang di dalamnya dapat digunakan secara efektif dan nyaman untuk Anda sebagai pemiliknya. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat bangunan yang memadai itu dengan mendesain ulang sisi interior tiap ruangannya dengan menggunakan jasa desain interior. Apalagi jika Anda sudah merasa bosan dengan desain yang lama pada bangunan Anda. Melalui renovasi yang tepat, Anda bisa mendapat suasana baru yang lebih membuat Anda nyaman, baik itu suasana di dalam rumah, apartemen, ataupun kantor.

Memang tidak bisa dihindari, selain suasana dan konsep ruangan, adanya ketersediaan ruang menjadi kebutuhan untuk Anda dalam menciptakan kenyamanan. Dengan semakin banyak masyarakat yang menyadari kendala-kendala tersebut, desain interior menjadi suatu kebutuhan untuk membangun maupun merenovasi rumah. Karena semua orang pasti ingin memliliki tempat usaha, rumah atau apartemen dengan desain yang cantik sekaligus unik. Tentu Anda juga termasuk yang menginginkan desain rumah yang sesuai. Namun, faktanya tidak semua orang bisa membuat desain apartemen, rumah, atau tempat usaha sendiri. Anda pasti akan membutuhkan bantuan dari tenaga ahli yang profesional, yaitu bantuan dari jasa desain interior.

Jasa Desain Interior Menjadi Kebutuhan

Jasa desain interior dibutuhkan dalam proses pengerjaan bangunan Anda. Mereka bertanggungjawab untuk membuat desain visualisasi tampak dalam ruangan, misalnya saja desain ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, hingga dapur. Anda tentu tidak mungkin bisa mendesain semua ruangan tersebut tanpa bantuan dari tenaga ahli, kecuali Anda memiliki kemampuan di bidang tersebut. Selain menjadi kebutuhan tersendiri dalam masyarakat, jasa desain interior juga memiliki peran penting dalam proses pembangunan, seperti pemilihan furnitur, penataan cahaya, pengaplikasian warna cat, bahkan untuk pemilihan plafon bangunan dan lantai. Sebelum Anda memilih desain interior yang tepat, Anda terlebih dahulu dapat memperkirakan biaya jasa desain interior tergantung dari kebutuhan ruang yang akan dirancang. Tapi seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan jasa desain interior? Berapa perkiraan rata-rata biaya yang harus Anda keluarkan untuk jasa desain interior? Pertanyaan seperti ini bisa saja muncul saat Anda baru membeli rumah dan tidak menyukai desain interior yang sudah ada ataupun saat Anda bosan dengan tampilan desain interior lama rumah Anda. Ketika merasa bosan dengan desain interior rumah Anda yang tidak pernah diganti, Anda bisa saja melakukan penyegaran kembali pada setiap ruang di dalam rumah yang Anda tinggali.

Beberapa masyarakat Indonesia masih bingung mengenai biaya menggunakan jasa desain interior. Wajar saja, biaya untuk membangun ataupun merenovasi rumah saja sudah harus disesuaikan dengan kebutuhan serta keuangan yang Anda miliki. Tidak hanya itu, Anda juga harus memikirkan biaya untuk desain dan dekorasi rumah Anda. Tapi bagaimanapun, ketepatan dalam menyusun sebuah desain interior rumah tidak hanya bertujuan pada estetika saja, namun juga pada efisiensi fungsi suatu ruangan di dalam rumah dan kenyamanan tiap anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut. Nah, untuk biaya dalam menyewa jasa mereka, itu tergantung dari kesepakatan yang sudah dibuat antara Anda dan jasa desain interior. Juga untuk menjawab pertanyaan mengenai biaya yang harus Anda keluarkan tidak bisa dijawab secara langsung dengan angka. Setidaknya, Anda harus tahu terlebih dulu hal-hal dasar untuk bisa menghitung estimasi harga yang dibutuhkan dalam membangun desain interior rumah Anda. Di Indonesia, ada beberapa jenis cara yang dipakai untuk melakukan perhitungan jasa desain interior, Anda penasaran? Simak ulasan berikut.

Penentuan Biaya Jasa Desain Interior

Ketika Anda akan bekerjasama dengan jasa desain interior, mereka memulai pekerjaannya dari mendengarkan apa yang Anda sebagai klien inginkan. Baik itu konsep desain interior impian yang sudah Anda siapkan ataupun ide-ide yang Anda temukan dari berbagai referensi. Setelah diskusi awal antara Anda dan jasa desain interior, mereka kemudian merepresentasikan semua ide dan konsep ke dalam gambar 2 dimensi. Dari gambar yang telah dibuat dan sesuai dengan keinginan Anda, maka jasa desain interior akan melanjutkan kembali gambar 2 dimensi ke dalam bentuk 3 dimensi. Penampilan desain bentuk 3 dimensi akan menegaskan kepada Anda tentang keseluruhan tampilan dari rencana desain interior dari beberapa bagian. Hal pastinya, gambaran desain 3 dimensi tersebut akan membantu Anda dalam pandangan Anda mengenai hasil yang akan didapatkan.

Bagi Anda yang masih bingung dalam mencari referensi untuk menentukan anggaran biaya jasa desain interior rumah, kantor, maupun tempat usaha Anda lainnya. Umumnya, biaya penggunaan jasa desain interior sangatlah relatif. Semakin rendah tingkat kesulitan sebuah desain bangunan dan bahan material yang dibutuhkan, maka biaya jasa desain interior bisa menjadi lebih terjangkau, begitu juga sebaliknya kalau semakin mahal bahan material yang digunakan dalam proses pengerjaan desain interior bangunan Anda, semakin mahal pula biaya yang harus Anda keluarkan.

Anda bisa menerapkan beberapa cara perhitungan estimasi harga yang cukup mudah. Cara perhitungan estimasi biaya ini banyak diterapkan oleh jasa desain interior di Indonesia. Berikut beberapa penjelasan yang bisa Anda jadikan referensi.

Total Luas Bangunan yang Akan Didesain oleh Jasa Desain Interior

Secara perhitungan, ketika Anda ingin mengubah desain satu ruangan akan terbilang mahal dibandingkan dengan mendesain beberapa ruangan sekaligus. Umumnya, jasa desain interior memiliki standar charge minimum bagi Anda. Jika konsep untuk ruangan rumah atau kantor punya ukuran yang luas, maka memilih cara satu ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menghemat biaya desain yang akan Anda keluarkan. Perlu Anda ketahui, masing-masing jasa desain interior memiliki cara perhitungan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya dalam hal luas bangunan. Namun, setidaknya secara pendapat umum dibagi ke dalam tiga cara untuk menghitung baiya jasa desain interior berdasarkan luas bangnan yang dimiliki. Cara-cara ini penting sekali untuk Anda dalam membangun atau merenovasi desain interior bangunan yang Anda miliki.

1. Biaya Jasa Desain Interior Permeter Persegi

Untuk kota-kota besar seperti Jakarta, rata-rata harga yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan jasa desain interior sudah memiliki sertifikasi dengan kisaran harga Rp 200.000 hingga harga Rp 1.000.000 untuk ukuran per meter persegi. Dalam melakukan perhitungan tersebut berdasarkan dengan luas per meter persegi total ruang sebuah bangunan yang aka didesain.

2. Biaya Jasa Desain Interior Berdasarkan Persentase

Jika perhitungan jasa desain interior mengacu pada persentase, yaitu tarif dihitung dari presentase total biaya produksi yang dibutuhkan. Secara umum besar perhitungan persentase memiliki kisaran antara 2% sampai dengan 5% dari tota biaya produksi yang sebelumnya sudah disepakati oleh Anda dan jasa desain interior.

3. Biaya Jasa Desain Interior Per View

Perhitungan yang dilakukan secara per view berdasarkan pada jumlah view yang diminta oleh Anda. Biasanya, jasa desain interior menghitung total jumlah ruangan tersebut beserta view yang ingin didesain sesuai keinginan Anda. Dalam melakukan perhitungan tersebut, semakin banyak view yang diinginkan, maka harga yang dibutuhkan akan semakin murah. Dalam menggunakan metode perhitungan tersebut, range harga yang dibutuhkan mencapai sekitar Rp 300.000 sampai dengan Rp 800.000.

4. Biaya Desain Jasa Desain Interior

Selain ketiga hal yang telah dijelaskan, jasa desain interior juga hanya menjual desainnya dan harga yang ditentukan berdasarkan gambar desain saja. Namun, harga setiap desain yang telah dibuat oleh jasa desain interior pun memiliki variasi tergantung dari tingkat kerumitan sebuah interior ruangan yang diinginkan oleh Anda. Jadi semakin rumit desain interior kantor maupun hunian, maka harga yang ditentukan untuk per desainnya akan semakin tinggi. Anda jangan pusing lagi kalau harga untuk tiap desain berbeda-beda.

5. Jasa Desain Interior dalam Design dan Build

Dalam sistem design dan build, perhitungan mengacu pada dua hal tersebut, yang mana Anda bisa meminta jasa desain dari desainer interior sekaligus pengisian dan penataan furnitur. Tanggungjawab jasa desain interior dalam hal ini mencakup pemasangan lantai, pengecatan lantai, hingga penataan lighting. Bagi Anda yang suka akan hal-hal praktis, konsep design dan build bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan biaya operasional jasa desain interior sekaligus juga dengan negosiasi dari harga yang telah ditentukan. Biaya yang digunakan untuk jasa desain interior semuanya sudah termasuk biaya akomodasi, tukang, dan pemasangan yang sangat membutuhkan keterampilan dan ketelitian khusus dalam pengerjaannya.

Setelah mengetahui besarnya biaya yang akan Anda keluarkan untuk menggunakan jasa desain interior, Anda tentu akan mendapatkan berbagai manfaat dari jasa mereka. Tidak hanya saja hasil estetik dari bangunan yang akan Anda dapatkan, berikut beberapa kelebihan menggunakan jasa desain interior.

1. Fleksibel dan Luwes

Ketika menggunakan jasa desain interior, pastinya Anda juga akan berkomunikasi dengan mereka mengenai proyek yang akan dikerjakan. Kerjasama yang terjalin antara Anda dan jasa desain interior pun akan berlangsung hingga proyek tersebut selesai. Selama proses pengerjaan pun, jika tidak terjalin komunikasi yang baik, Anda akan merasa tidak puas dengan pekerjaan mereka.

2. Anda Dapat Memilih Desain Sesuai Keinginan

Jasa Desain Interior menawarkan bebeberapa desain yang bisa Anda pilih. Selain desain yang ditawarkan, Anda bisa saja berdiskusi dengan jasa desain interior untuk membuat desain yang sesuai dengan keinginan Anda. Dengan memberikan penjelasan mengenai desain secara detail, jasa desain interior dapat membuat gambaran desain tersebut. Sangat mudah, kan? Anda tidak perlu lagi memikirkan desain yang rumit, jasa desain interior dapat membantu Anda mewujudkan desain interior bangunan yang tepat dan sesuai.

3. Arahan Jasa Desain Interior dalam Memilih Furnitur

Tidak hanya desain saja yang dapat didiskusikan dengan jasa desain interior, Anda juga bisa meminta pendapat mereke mengenai pemilihan furnitur yang cocok dikombinasikan pada ruangan dalam bangunan Anda. Perlu diketahui, pemilihan furnitur dapat disesuaikan dengan bentuk dari ruangan yang Anda miliki. Dengan mengaplikasikan hal tersebut, furnitur yang digunakan dalam suatu ruangan akan lebih tampak seimbang atau sesuai antara satu dengan yang lainnya.

4. Jasa Desain Interior Memiliki Jaminan dan Garansi

Anda harus mengetahui dengan detail, apakah jasa desain interior yang akan Anda pilih memiliki jaminan dan garansi mengenai pekerjaan mereka atau tidak. Dengan adanya jaminan dan garansi dari jasa desain interior, akan lebih aman jika terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan dalam proses pengerjaan proyek bangunan Anda. Melalui jaminan dan garansi yang diberikan, pihak jasa desain interior akan mempertimbangkan dan bertanggungjawab langsung dengan kendala yang terjadi. Pastinya, Anda juga membutuhkan komunikasi yang baik saat kendala terjadi dengan jasa desain interior yang Anda pilih.

5. Jasa Desain Interior Mengirim Langsung Ke Lokasi Anda

Jika Anda bekerjasama dengan jasa desain interior, furnitur maupun hal lainnya akan diinstal dan dikirim ke tempat atau lokasi bangunan sampai dengan selesai tanpa adanya pekerjaan yang tertinggal. Jasa desain interior benar-benar memperhatikan segala keperluan Anda, hingga hal terkecil. Anda akan mendapat hasil sempurna karena memilih menggunakan jasa desain interior untuk proses pembangunan proyek Anda. Biaya yang akan Anda keluarkan sesuai dengan hasil yang diterima oleh Anda.

Itulah beberapa hal mengenai biaya menggunakan jasa desain interior yang bisa memberikan gambaran untuk Anda dalam menentukan desain interior yang tepat untuk bangunan Anda, baik itu apartemen, rumah, kantor, maupun usaha lainnya. Jangan khawatir mengenai harga jasa desain interior karena harga tawar semakin tinggi, akan menghasilkan suatu bangunan yang bernilai tinggi juga. Besarnya biaya jasa desain interior dan pilihan desain yang Anda pilih itu tergantung dengan kesepakatan antara Anda sebagai klien dan pihak jasa desain interior itu sendiri. Namun, harus tetap ada pengendalian dan pengawasan dalam proses pengerjaan bangunan. Anda dan jasa desain interior pasti saling menginginkan adanya transparansi mengenai proses pembangunan yang sedang dikerjakan. Apalagi mengenai biaya yang merupakan hal sensitif dan harus didiskusikan secara rinci dan detail.

Adanya transparansi dalam proses kerjasama agar tidak terjadi kesalahan selama proses. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk memilih jasa desain interior, Anda terlebih dahulu harus mencari informasi yang tepat. Jika Anda ingin menghemat biaya membangun maupun merenovasi desain bangunan Anda dan hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan, Anda bisa memilih desain minimalis yang sederhana, tapi tetap mempunyai kesan stylish dan elegan serta mewah. Pasalnya, desain minimalis tidak terlalu menggunakan banyak dekoras dan ornamen.

Menggunakan layanan jasa desain interior merupakan pilihan yang tepat untuk pembangunan rumah, apartemen, kantor maupun tempat usaha Anda lainnya. Anda sudah tahu, kan jika memilih layanan jasa desain interior yang paling tepat serta mempunyai pengalaman profesional pasti akan membuat desain yang bagus dan bisa mengaplikasikannya pas dengan keinginan Anda. Tapi penting untuk Anda memilih jasa desain interior yang sesuai dengan keperluan Anda. Untuk menghilangkan keraguan, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu portfolio dari bangunan yang telah mereka kerjakan dan juga harga dari jasa desain interior tersebut. Hal ini baik untuk Anda lakukan agar saat bekerjasama, Anda tidak akan menghadapi kendala dan jauh dari kesalahan dalam memilih jasa desain interior. Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika bekerjasama dengan kami. Dengan berbagai penawaran yang tersedia, Anda dapat menentukan desain yang sesuai dengan keinginan dan mewujudkannya. Hubungi kami melalui customer service atau website resmi kami untuk mengetahui perhitungan biaya jasa desain interior buat hunian, kantor atau tempat usaha Anda.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu