EN | ID
Tutup

Ikuti Cara Ini! Kerja Bebas Stres Dengan Konsep Modern Natural Untuk Kantormu

diposting 2 April 2021

Ikuti Cara Ini! Kerja Bebas Stres Dengan Konsep Modern Natural Untuk Kantormu

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

 

MENGAPA UNSUR ALAM DIPERLUKAN DALAM SEBUAH DESAIN KANTOR?

Apakah kantor Anda sudah menerapkan konsep natural? Sudahkah Anda menempatkan beberapa tanaman atau unsur alam di kantor?

Bekerja setiap hari tentu membutuhkan kinerja otak yang maksimal. Ide-ide segar yang muncul untuk keberlangsungan perusahaan terlahir dari pikiran yang jernih dan tenang. Membuat suatu keputusan juga membutuhkan suasana yang nyaman, bukan dengan kerusuhan di kepala. Hal-hal demikian dapat ditentukan dari ruang kerja yang nyaman juga terdapat unsur alam yang dipercaya dapat menenangkan pikiran.

Pernahkah Anda mendengar seseorang yang memilih untuk berjalan-jalan sejenak, menikmati udara dan melihat sesuatu yang “hijau” sebagai bentuk pelepasannya dari rasa stress? Penelitian menunjukkan bahwa melihat sesuatu yang berwarna hijau seperti pemandangan pepohonan dan alam dapat mengembalikan otot-otot yang tegang dan juga baik bagi mata.

Keberadaan unsur alam pada ruangan kantor tentu akan membantu para pegawai untuk mengurangi rasa stress yang terjadi akibat beban pekerjaan. Kali ini kami akan membahas konsep desain interior kantor dengan menambahkan ruang hijau di dalamnya.

 

APA ITU DESAIN INTERIOR KANTOR MODERN NATURAL?

Secara umum, konsep desain interior kantor modern natural adalah dengan menggabungkan konsep modern dengan sentuhan ruang hijau pada sebuah interior kantor. Dinilai dari manfaatnya yang dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi stress, konsep ini kemudian menjadi konsep yang bisa menjadi pilihan bagi para owner kantor untuk mengubah desain interior kantor Anda.

 

Desain Interior Kantor dengan Dekorasi Hijau yang Segar

Tren dekorasi hijau pada desain interior kantor memang menjadi titik utama pada konsep ini. Anda bisa menambahkan sedikit ruang hijau pada area belakang meja resepsionis. Ini adalah tempat yang sempurna untuk dinding hijau yang terbuat dari lumut atau tanaman hidup, di mana tampilan tambahan dengan nama dan logo perusahaan dapat digabungkan.

Jika tidak ingin menggunakan tanaman hidup, Anda bisa mengakalinya dengan mencoba desain biofilia pada desain interior kantor Anda. Biofilia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keterikatan manusia dengan alam. Desain biofilia menghadirkan elemen yang terinspirasi alam di dalam ruangan melalui furnitur, kain, warna, tanaman, dan cahaya alami. Salah satu cara untuk menyegarkan interior kantor Anda adalah dengan memadukan kain yang meniru alam.

 

Zona Relaksasi Untuk Tempat Istirahat

Keberadaan tanaman sangat berperan penting untuk proses relaksasi dan konsentrasi pikiran, serta pemulihan indera, itulah sebabnya tanaman paling sering digunakan dalam desain interior zona istirahat, di mana harus ada tanaman hijau sebanyak mungkin. Kantor ramah lingkungan memberi karyawannya tempat di mana mereka dapat menenangkan stres, dan menikmati jam istirahatnya dengan maksimal. Ini adalah cara pengganti yang efektif tanpa harus bersusah payah untuk pergi ke hanya untuk menenangkan pikiran. Instalasi dinding hijau yang memadukan berbagai jenis tumbuhan akan sangat cocok untuk zona relaksasi.

Penelitian dari Human Spaces membuktikan bahwa tanaman dalam sebuah desain interior kantor dapat meningkatkan kenyamanan kerja sehari-hari, mengurangi stres, menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan kualitas kerja dalam jangka panjang. Manusia secara alami mencari kontak dengan alam yang secara langsung mempengaruhi rasa kebahagiaan, itulah sebabnya desain biofilik menentukan tren masa depan dalam desain interior kantor.

 

Gunakan Palet Warna Netral Untuk Interior Kantor

Untuk desain interior kantor yang menyisipkan ruang hijau di dalamnya, Anda bisa menggunakan palet warna organik untuk menghadirkan alam ke ruang kerja Anda. Warna-warna seperti hijau dan cokelat merepresentasikan warna pepohonan dan tumbuhan, warna biru dan putih dapat merepresentasikan air dan langit. Warna-warna ini dapat dipadukan ke dalam furnitur, warna dinding, dan bahkan lantai.

Anda pasti paham bahwa kita selalu berada di dalam kantor selama jam kerja berlangsung, itulah sebabnya kita harus menciptakan ruang kerja yang memungkinkan kita untuk mendapatkan unsur alam dengan cara-cara sederhana. Memasukkan beberapa ide yang terinspirasi dari alam ini ke interior kantor Anda tidak hanya akan meningkatkan produktivitas, tetapi juga akan membantu karyawan Anda merasa lebih kreatif dan terlibat di tempat kerja.

 

Tambahkan Dekorasi Dengan Tanaman Hidup atau Bunga-Bunga Artifisial

Saat ini alam semakin banyak menemukan interior dalam keadaan nyata dan alami karena bunga, tanaman pot seperti succulents telah menciptakan cara mudah untuk menghadirkan daya tarik alami ke meja kerja Anda. Memelihara tanaman dengan perawatan rendah seperti succulents, kaktus, atau hanya menghiasi meja kantor Anda dengan buket segar dapat langsung memberikan efek yang menyenangkan bagi pikiran Anda.

 

Pencahayaan Alami Adalah Kunci

Salah satu elemen alam termudah, termurah dan terindah yang banyak dilupakan adalah sinar matahari. Pencahayaan alami dapat membuat ruangan menjadi hidup. Usahakan ada satu jendela yang bisa mempemudah Anda mendapakan sinar matahari secara alami pada kantor Anda. Sebab, berada di ruangan tertutup terus-menerus tidak baik bagi kesehatan Anda.

Ini mengapa konsep biofilik yang paling utama dan paling langsung dalam desain interior kantor adalah penggunaan portal jendela besar yang memungkinkan masuknya banyak sinar matahari. Cahaya alami yang menyaring di dalam dapat melakukan keajaiban untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda secara alami.

 

SIRKULASI UDARA YANG SEHAT

Desain interior kantor yang tertutup menyebabkan ruangan terasa pengap dan menekan. Untuk itu sirkulasi udara di dalam ruangan tentunya harus diperhatikan dengan seksama. Memiliki jendela-jendela besar atau lagi-lagi tanaman hidup dapat memperbaiki udara yang berada di dalamnya.

 

MANFAAT RUANG HIJAU DALAM DESAIN INTERIOR KANTOR

Dari beberapa hal yang disampaikan di atas, tentunya konsep modern natural pada interior kantor ini dapat diterapkan bergantung dengan letak area kantornya. Meski demikian, desain interior kantor yang memberikan sentuhan alam di dalamnya akan sangat efektif untuk mengurangi tingkat stess pada pegawai yag bekerja setiap hari di kantor.

Konsep ini pada akhirnya dapat membangun kenyamanan bagi para pegawai untuk tetap menghasilkan ide-ide dalam pekerjaannya.

 

Inspirasi desain interior kantor dengan konsep modern natural sesungguhnya sangat cocok untuk kaum millennials yang menyukai kenyamanan dan kesan informal dalam bekerja namun tetap bisa berpikir kreatif tanpa dibatasi. Strategi desain biofilik yang menjadi referensi bertujuan untuk meningkatkan akses ke cahaya alami, pemandangan ke alam, dan udara bersih segar, yang semuanya membantu menghindari 'Sindrom Bangunan yang Sakit'.

Kontak sensorik langsung dengan alam di suatu ruang tidak hanya berarti dekat dengan satu atau dua tanaman pot. Interaksi dengan alam dapat terlihat dari adanya pemandangan alam yang merangsang; atau dengan menggunakan tanaman, fitur air, aliran udara alami atau angin sepoi-sepoi, suara dan aroma. Desain interior kantor yang menggunakan kelompok pola ini akan menciptakan hubungan langsung yang bermakna dengan elemen alam melalui keragaman, pergerakan, dan interaksi multisensor.

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu