EN | ID
Tutup

Hindari Sakit Punggung Selama di Kantor, Ikuti 8 Tips Memilih Kursi Kantor

diposting 15 April 2021

Hindari Sakit Punggung Selama di Kantor, Ikuti 8 Tips Memilih Kursi Kantor

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

 

Apakah Anda sering merasa sakit pada bagian punggung saat bekerja? Jika ya, cobalah periksa kursi kerja Anda, apakah bentuknya sudah sesuai untuk postur punggung Anda, atau sudah cukup empuk atau belum? Kursi kantor yang tepat dapat memberikan posisi yang nyaman ketika Anda melakukan pekerjaan dan meningkatkan fokus Anda.

Baik bekerja jarak jauh maupun di kantor, penggunaan kursi kantor haruslah menunjang diri Anda untuk semakin semangat bekerja. Kursi kantor adalah salah satu furniture penunjang desain interior kantor Anda yang membuat tampilannya lebih harmonis. Bagaimanapun juga, pilihlah kursi kantor yang sesuai kebutuhan agar pengalaman Anda bekerja di kantor tetap menyenangkan.

Memilih kursi kantor yang tepat membutuhkan berbagai pertimbangan, coba ikuti tips berikut ini agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam membeli kursi kantor yang berpotensi membuat punggung Anda semakin sakit.

 

  1. Pilih Kursi Kantor dengan Penyangga Punggung

Memilih kursi kantor dengan penyangga punggung adalah pilihan tepat yang harus Anda ambil. Apabila Anda mengalami sakit punggung berlebihan saat bekerja di kantor, memilih kursi dengan penyangga punggung akan membuat Anda bisa sedikit bersandar sata sudah cukup lelah. Ada banyak kursi kerja kantor yang menawarkan penyangga punggung agar duduk lebih nyaman.

Kursi dengan fitur semacam ini sangat dibutuhkan, terutama bagi Anda yang sehari-hari bekerja dalam ruangan kantor dan duduk berjam-jam menatap layar computer. Selain memberikan kenyamanan, duduk dengan kursi yang terbaik akan membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Dari segi kesehatan, kursi kerja kantor dengan sandaran penuh akan memastikan postur tubuh yang benar serta mengurangi rasa sakit akibat penyakit atau kondisi yang mempengaruhi bagian punggung.

 

  1. Pilih Kursi Kantor dengan Lapisan yang Jaring

Kursi kantor dengan lapisan yang berongga tentu terasa lebih fleksibel dan tidak kaku. Sehingga punggung Anda tidak mengalami tegang otot dan tulang punggung lebih bisa rileks saat bekerja. Bahan menjadi prioritas utama yang harus Anda pertimbangkan saat membeli kursi kantor.

Karena kursi kantor akan diduduki berjam-jam, bahan kursi yang berongga dan dilapisi jaring sangat dibutuhkan. Fungsi utama bahan semacam ini adalah untuk meningkatkan aliran udara di dalam jok dan dengan demikian mencegahnya menjadi hangat yang tidak nyaman.

Pelapis berbahan jaring juga biasanya lebih halus, lebih lembut, dan tidak terlalu gatal dibandingkan dengan pilihan bahan lainnya. Dengan begitu, kursi dengan lapisan jarring menjadi pilihan terbaik untuk kursi kantor.

 

  1. Pilih Kursi Kantor yang Adjustable

Anda tentu berpikir bahwa kursi kantor Anda haruslah dapat disesuaikan. Semakin banyak titiik penyesuaian, maka akan semakin memudahkan Anda. Tentunya Anda akan membutuhkan kursi yang lengkap dari segi fitur, seperti memiliki sandaran punggung, dudukan kursi, dan sandaran lengan yang bisa disesuaikan.

Dimulai dengan sandaran punggung, sebisa mungkin sandaran harus dapat dimiringkan ke depan dan ke belakang, dan memiliki opsi untuk bersandar atau bergerak lebih dekat pada meja kerja Anda. Untuk bagian dudukan kursi juga harus dapat disesuaikan ketinggiannya, sehingga Anda dapat memindahkannya ke ketinggian sesuai dengan ketinggian meja Anda. Terakhir, Anda harus dapat menyesuaikan sandaran tangan ke berbagai arah, dengan opsi untuk memindahkannya ke atas dan ke bawah serta ke depan dan ke belakang.

Jangan sampai terlupakan oleh Anda bahwa posisi bahu dan lengan di kursi kantor sangat menentukan nyaman atau tidaknya sebuah kursi. Kursi yang memaksa Anda mengangkat bahu hanya untuk meletakkan siku di sandaran tangan akan menyebabkan ketidaknyamanan dengan cukup cepat. Kursi kantor dengan fitur lengkap bisa jadi pilihan untuk furnitur pada desain interior kantor Anda.

 

  1. Pilih Kursi Kantor dengan Lebar yang Cukup

Gangguan paling terlihat saat bekerja di kantor adalah penggunaan kursi kantor yang tidak sesuai ukuran. Ukuran kursi, baik tinggi dan lebar dudukan tentu memengaruhi produktivitas bekerja. Mendapatkan kursi dengan dudukan yang sempit akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan menghambat pekerjaan Anda sehari-hari. Sebagaimana mestinya, pilihlah kursi kantor dengan ukuran lebar yang sesuai dengan tubuh Anda.

 

  1. Pilih Kursi Kantor dengan Sandaran Lengan

Sandaran lengan pada kursi kantor berguna untuk menghilangkan ketegangan di leher dan bahu Anda. Sandaran lengan juga harus dapat disesuaikan, agar Anda dapat memposisikannya sesuai kebutuhan sehingga lengan Anda dapat beristirahat dengan nyaman sekaligus mengurangi kemungkinan Anda untuk membungkuk.

 

  1. Pilih Kursi Kantor yang Mudah Dioperasikan

Pastikan semua kontrol penyesuaian di kursi kantor Anda dapat dicapai dari posisi duduk, dan Anda tidak perlu menaruh effort berlebihan untuk mengubahnya. Anda harus bisa memiringkan, naik lebih tinggi atau lebih rendah, atau memutar dari posisi duduk. Lebih mudah untuk mendapatkan ketinggian dan kemiringan yang tepat jika Anda sudah duduk. Anda akan terbiasa mengatur kursi Anda sehingga Anda tidak perlu berusaha terlalu keras untuk melakukannya.

 

  1. Pilih Kursi Kantor yang Bisa Berputar

Kursi yang dapat digerakkan secara fleksibel akan menambah fungsi dan kegunaannya. Saat Anda dapat dengan mudah memutar kursi Anda, secara langsung Anda dapat menjangkau berbagai tempat di area kerja Anda untuk efisiensi maksimum. Roda kastor pada kursi kantor yang baik harus dapat memberi Anda mobilitas yang mudah, tetapi pastikan untuk memasang kastor yang tepat untuk lantai Anda. Pilih kursi dengan kastor yang dirancang untuk lantai Anda, apakah itu karpet, permukaan keras atau kombinasi. Jika Anda memiliki alas kursi yang tidak didesain untuk lantai Anda, mungkin ada baiknya Anda membeli alas kursi untuk mempermudah gerak kursi Anda.

 

 

  1. Pilih Kursi Kantor Sesuai dengan Gaya Desain Interior Kantor

Sekarang setelah Anda mempertimbangkan semua fitur fungsional yang dibutuhkan kursi kantor Anda, ada perlunya juga memikirkan gaya yang sesuai dengan konsep desain interior kantor Anda. Sebab, kesesuaian ini akan memberikan tampilan yang harmoni. Anda bisa menemukan kursi yang sesuai dengan kebutuhan namun berbeda gaya dengan konsep desain interior Anda. terkadang gaya memiliki kompromi dengan dukungan, tetapi Anda masih dapat menemukan kursi bergaya yang tidak sepenuhnya berkompromi dengan dukungan.

 

Terlepas dari di mana Anda menggunakannya, baik itu di kantor maupun di rumah, Anda membutuhkan sesuatu yang akan memberi Anda kenyamanan dan mempromosikan postur tubuh yang tepat. Memilih kursi kantor terbaik untuk kantor Anda adalah proses yang membutuhkan sedikit riset dan jika Anda mengikuti tips dan saran yang diberikan dalam artikel ini, pasti Anda akan dapat menemukan kursi kantor yang paling sesuai untuk Anda.

Jaga kesehatan Anda dengan membeli kursi yang tepat agar terhindar dari sakit punggung yang parah.

Apa Anda ingin mendesain kantor dan furnitur yang nyaman untuk karyawan Anda? Kami sebagai jasa desain interior kantor bisa mengatasi kendala Anda dalam mendesain interior kantor Anda. Hubungi kami sekarang juga melalui halaman website ini. Saatnya Anda miliki desain interior kantor yang membuat karyawan Anda nyaman dan produktif!

 

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu