EN | ID
Tutup

Hindari Sakit Kepala Saat WFH, Ini Ide Pencahayaan Ini Cocok untuk Rumah Kantor Anda!

diposting 9 April 2021

Hindari Sakit Kepala Saat WFH, Ini Ide Pencahayaan Ini Cocok untuk Rumah Kantor Anda!

INTERIOR DESAINER: HUBUNGI KAMI MELALUI  HIGHSTREET UNTUK WUJUDKAN BANGUNAN IMPIAN ANDA DAN BERGABUNGLAH BERSAMA HIGHSTREET UNTUK MENJADI PARTNER DESAIN INTERIOR KAMI.

 

Bekerja di kantor rumah atau kantor pusat membutuhkan karakter dan kualitas pencahayaan yang tepat. Tata letak pencahayaan yang sesuai di ruang kerja Anda dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda. Pencahayaan yang buruk dapat mengurangi energi Anda, mengurangi semangat kerja, menyebabkan kelelahan mata dan sakit kepala, dan pada akhirnya mengganggu kemampuan Anda untuk bekerja secara efektif.

Jika Anda tidak memiliki banyak cahaya alami, maka lampu buatan menjadi lebih penting saat mempertimbangkan penerangan ruang kerja. Banyak kantor rumah memiliki pencahayaan yang hanya mencakup lampu di atas kepala atau lampu tersembunyi, tetapi keliru jika mengira bahwa itu sudah cukup. Pencahayaan yang ada tidak dirancang untuk pencahayaan fungsional di kantor rumah, dan perlu menambahkan sumber tambahan. Pencahayaan yang keliru tentunya akan membuat Anda sakit kepala dan tidak produktif bekerja.

Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan dari jasa desain interior untuk mengubah tata pencahayaan pada kantor rumah Anda agar tidak membuat Anda sakit kepala.

 

Hindari Meletakkan Lampu Secara Langsung

Agar tidak membuat sakit kepala, Anda harus menghindari bekerja di bawah sorotan lampu secara langsung di atas kepala. Sebaliknya, cari cara untuk meredakan cahaya sekitar yang akan menerangi ruang kantor Anda. Kap lampu adalah solusinya. Kap lampu berfungsi untuk melembutkan dan menyebarkan cahaya yang terlalu terang, sementara lampu lantai yang bersinar ke atas memantulkan cahaya dari dinding dan langit-langit. Tujuannya adalah untuk menerangi seluruh ruang dan menghindari efek silau dan kontras yang tidak semestinya, serta menghindari terciptanya bayangan.

 

Saran dari Jasa Desain Interior, Sesuaikan Tingkat Penerangan Lampu

Jika Anda seringkali melakukan pekerjaan dengan menggunakan klampuomputer, pengarsipan, dan tugas intensif yang membutuhkan fokus lainnya, Anda bisa memilih sumber cahaya yang ditentukan dengan baik yang didedikasikan untuk apa yang Anda lakukan. Mari kita ambil contoh pada lampu meja yang dapat disesuaikan atau diatur cahayanya dengan menempatkan cahaya tepat di tempat Anda membutuhkannya dan mendukung berbagai macam tugas kantor Anda. Jika kantor pusat Anda memiliki beberapa workstation — misalnya, meja untuk komputer dan telepon kantor, area pengarsipan, dan meja untuk meninjau foto dan tata letak — Anda bisa mengatur lampu tugas khusus untuk setiap area kerja.

Dengan demikian, walaupun Anda bekerja di rumah, Anda akan tetap merasa nyaman dengan tata letak pencahayaan yang ada. Jika Anda menghadap jendela, cahaya siang hari akan membuat area kerja Anda lebih terang- jika tidak, task light terpercaya dapat disesuaikan untuk menerangi area kerja Anda. Untuk mendapatkan efek terbaik, idealnya Anda menginginkan dua sumber cahaya (salah satunya dapat menjadi task light Anda), yang ditempatkan di kedua sisi layar - ini akan membantu meminimalkan bayangan.

 

Perhatikan Arah Datangnya Cahaya

Jangan lupa untuk memperhatikan arah datangnya cahaya. Sumber cahaya yang dipasang di belakang Anda saat Anda bekerja di komputer hampir pasti akan membuat silau yang mengganggu pekerjaan pada monitor Anda. Demikian juga, perhatikan bayangan yang tidak disengaja yang dihasilkan oleh lampu yang dipasang untuk task lighting. Misalnya, jika Anda menulis dengan tangan kanan, tangan dan lengan Anda mungkin membuat bayangan jika task lighting juga dinyalakan di sebelah kanan. Juga, pertimbangkan lokasi jendela saat menyiapkan ruang kerja Anda.

Hindari jendela atau pandangan langsung ke sumber cahaya di belakang Anda, karena kontrasnya akan terlalu banyak untuk ditangani kamera. Coba dan pilih latar belakang yang berwarna terang dan perkenalkan beberapa cahaya sekitar yang lembut secara umum - di sinilah pencahayaan di atas kepala di dalam ruangan akan membantu.

 

Jangan Lupakan Cahaya Alami

Jasa desain interior menyarankan agar tidak mengabaikan manfaat unik dari cahaya alami yang berasal dari jendela, skylight, atau portal lain. Sinar matahari dapat menghasilkan pencahayaan yang hangat dan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Di sisi lain, Anda mungkin perlu memperhitungkan sinar matahari langsung yang menciptakan silau luar biasa selama waktu-waktu tertentu dalam sehari.

Secara umum, cahaya alami di depan atau di samping permukaan kerja dan layar komputer merupakan penempatan terbaik untuk menghindari silau dan memaksimalkan pandangan Anda keluar. Anda juga dapat memposisikan workstation Anda menghadap utara atau selatan sehingga sinar matahari tidak menghasilkan bayangan apapun saat Anda bekerja di siang hari. Untuk mengakomodasi berbagai tingkat kecerahan di siang hari, pelindung matahari melembutkan dan mengurangi panas tanpa mengurangi cahaya dan pandangan. Anda juga dapat mencoba tirai sederhana atau bahkan layar berdiri yang akan berfungsi dengan baik untuk menyebarkan sinar matahari melalui jendela.

 

Cobalah Menggunakan Lampu Hias

Seperti yang disebutkan, sebagian besar kantor rumah akan menggunakan ambience pencahayaan yang tersebar di seluruh ruangan dan task lighting yang difokuskan pada workstation tertentu. Anda mungkin bisa menambahkan pencahayaan dekoratif dan aksen untuk membantu meningkatkan karakter visual kantor rumah Anda. Jasa desain interior menilai model lampu hias seperti mantel atau lampu gambar dapat menarik perhatian ke objek lain atau elemen lain di ruangan, sedangkan lampu hias — seperti wall sconce — memberikan daya tarik visual langsung.

 

Lengkapi dengan Ambient and Corrective Light

Ketegangan mata adalah masalah serius yang dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini terjadi dari penggunaan mata Anda secara intens - seperti menatap monitor komputer selama delapan jam. Menambahkan sedikit cahaya ambience ke dalam campuran akan membantu melembutkan cahaya tajam yang bisa datang hanya dari pencahayaan area kerja. Dengan filter warna yang ramah mata, lampu yang sempurna dapat menambahkan lapisan cahaya terakhir sekitar ke kantor Anda. Anda dapat memilih dari warna terang yang sesuai dengan suasana hati dan kebutuhan Anda.

 

Jasa desain interior tentunya akan menyarankan tata letak pencahayaan pada ruang kerja Anda. Sangat penting untuk memiliki pencahayaan yang tepat di kantor rumah. Untuk mengurangi ketegangan mata, pasang lampu di atas area membaca Anda, di komputer, dan di belakang Anda sehingga tidak ada pantulan dari monitor komputer. Dengan mengurangi ketegangan mata, Anda akan dapat bekerja lebih lama dan lebih aman.

Jika Anda mengikuti tips di atas tentu Anda tidak akan sakit kepala saat bekerja di rumah kantor. Kami sebagai jasa desain interior kantor bisa mengatasi kendala Anda dalam mendesain interior kantor Anda. Hubungi kami sekarang juga melalui halaman website ini. Saatnya Anda miliki desain interior kantor yang membuat karyawan Anda nyaman dan produktif!

 

INTERIOR DESAINER: HUBUNGI KAMI MELALUI  HIGHSTREET UNTUK WUJUDKAN BANGUNAN IMPIAN ANDA DAN BERGABUNGLAH BERSAMA HIGHSTREET UNTUK MENJADI PARTNER DESAIN INTERIOR KAMI.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu