EN | ID
Tutup

Desainer Interior Ungkap Tren Baru Desain Interior Rumah Biofilik

diposting 24 Desember 2020

Desainer Interior Ungkap Tren Baru Desain Interior Rumah Biofilik

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

Warna netral yang membumi, keindahan buatan tangan, dekorasi berkelanjutan, kontur alami, dan tekstur organik adalah bagian terpenting dari perpaduan tersebut. Semua elemen ini menunjukkan pergeseran pasti menuju dekorasi biofilik dengan orang-orang yang ingin menjalin hubungan yang kuat dengan alam di dalam rumah dan kantor mereka.

Apa itu Desain Interior Rumah Biofilik?

Kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup berarti lebih banyak waktu dihabiskan jauh dari alam. Biofilia digambarkan sebagai "afinitas manusia yang bawaan dan ditentukan secara genetik dengan alam". Apakah itu afinitas bawah sadar atau keinginan yang jelas, dilansir dari Lifestyleasia, penelitian telah menunjukkan bahwa semua manusia menginginkan pengaturan alam. Singkatnya, ini adalah desain biofilik.

Mari kita mulai dari dasar. Apakah Biofilia itu? Biofilia adalah kecenderungan manusia yang melekat untuk berafiliasi dengan alam yang bahkan di dunia modern terus menjadi penting. Oleh karena itu, desain interior biofilik memanfaatkan afinitas ini untuk menciptakan lingkungan alami bagi kita untuk hidup, bekerja, dan belajar.

Desain interior yang menghubungkan Anda dengan alam terbukti menginspirasi Anda, meningkatkan produktivitas, dan bahkan berkontribusi pada rasa kesejahteraan yang lebih kuat. Sekarang, lebih dari sebelumnya, sangatlah penting untuk menghadirkan alam bebas dan menciptakan lingkungan dalam ruangan - interior biofilik, yang mereferensikan alam dengan cara yang jelas dan halus.

Desain biofilik dapat mengurangi stres, meningkatkan kreativitas dan kejernihan pikiran, meningkatkan kesejahteraan kita, dan mempercepat penyembuhan; karena populasi dunia terus melakukan urbanisasi, kualitas-kualitas ini menjadi semakin penting. Ahli teori, ilmuwan penelitian, dan praktisi desain telah bekerja selama beberapa dekade untuk menentukan aspek alam yang paling memengaruhi kepuasan kita terhadap lingkungan binaan.

Sayangnya, masyarakat modern telah membuat banyak rintangan untuk mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dari alam. Yang paling bermasalah adalah semakin terputusnya hubungan dengan alam, yang sering kali dipandang hanya sebagai sumber daya untuk dieksploitasi atau fasilitas rekreasi yang bagus tetapi tidak perlu. Keterpisahan yang semakin meningkat dari alam ini tercermin dalam pertanian modern, manufaktur, pendidikan, perawatan kesehatan, pembangunan perkotaan, dan arsitektur.

Mengapa Tren Desain Interior Biofilik Semakin Populer?

Manfaat berhubungan dengan alam tidaklah mengherankan. Sederhananya, menggabungkan desain biofilik ke dalam arsitektur dan dekorasi baik untuk kesehatan mental dan fisik kita.

Desain biofilik dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi kognitif dan kreativitas, meningkatkan kesejahteraan kita, dan mempercepat penyembuhan; karena populasi dunia terus mengalami urbanisasi, kualitas-kualitas ini sangat penting. Mengingat seberapa cepat pengalaman alam dapat menimbulkan respons restoratif, desain biofilik sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk tinggal dan bekerja di tempat yang sehat, dengan stres yang lebih sedikit dan kesejahteraan yang lebih baik.

Apa Saja Elemen Desain Interior Biofilik?

Desain interior rumah biofilik tidak hanya menyematkan keberadaan fisik alam di sekitar Anda, tetapi juga meniru alam melalui objek, material, tekstur, warna, bentuk, dan urutan yang ditemukan di alam. Tujuannya adalah untuk merangsang hubungan visual, auditori, haptik, dan penciuman melalui seni, furnitur, dekorasi, dan arsitektur.

Warna-warna tanah, bahan dan serat alami, banyak sinar matahari, kontur alami dan bentuk organik, elemen botani, fitur air mengalir, tanaman wangi, atap hidup, atau dinding lumut semuanya bekerja untuk memperkuat hubungan ini.

Jasa Desain Interior Aplikasikan Desain Biofilik ke dalam Interior Rumah

Desain interior biofilik mencakup simulasi dunia alami ke dalam ruang sehari-hari kita. Ini tidak berarti Anda harus mendirikan tenda di tengah hutan dan hidup dari tanah.

Kontak sensorik langsung dengan alam di suatu ruang tidak hanya berarti dekat dengan satu atau dua tanaman pot. Interaksi dengan alam dapat terlihat dari adanya pemandangan alam yang merangsang; atau dengan menggunakan tanaman, fitur air, aliran udara alami atau angin sepoi-sepoi, suara dan aroma. Desain menggunakan kelompok pola ini akan menciptakan hubungan langsung yang bermakna dengan elemen alam melalui keragaman, pergerakan, dan interaksi multisensor.  Berikut beberapa cara mudah untuk membangun kembali koneksi Anda melalui desain dan dekorasi:

Desain Interior Rumah Mendukung Paparan Cahaya Matahari

Maksimalkan eksposur rumah Anda ke siang hari, baik langsung atau tersebar. Atur tempat duduk, sudut baca, dan ruang kerja Anda di dekat jendela atau skylight.

Jasa Desain Interior Gunakan Dinding Sebagai Kanvas

Jika Anda tidak cukup beruntung memiliki pemandangan alam yang luas, simulasikanlah. Gunakan dinding Anda sebagai kanvas - lukisan atau foto lanskap besar, wallpaper cetak botani, mural dinding, dan banyak lagi.

Jasa Desain Interior Hadirkan Nuansa Alam Melalui Furnitur

Hadirkan citra alam pada perabot, perabot, layar, lemari di seluruh ruang tamu Anda. Carilah furnitur kayu yang mengikuti kontur dan garis alami seperti meja bar tepi hidup atau meja makan yang menonjolkan nuansa serat dan simpul kayu. Tambahkan bahan alami Tambahkan jumlah besar sekali bahan dan serat alami pada dekorasi Anda seperti rami, katun organik, linen, batu, rotan, kayu, dan bambu.

Menggolongkan elemen alam yang unik. Tutupi jalan, pekebun luar ruangan, halaman dalam ruangan atau sudut hijau di balkon atau kamar mandi Anda dengan kerikil halus atau batu sungai.

Interior biofilik menggunakan bahan, biji-bijian, tekstur, dan elemen dalam desain yang secara jelas mencerminkan lingkungan alam untuk menciptakan kesan menyeluruh tentang dunia alami.

Jasa Desain Interior Gunakan Palet Warna pada Desain Interior Rumah

Gunakan palet warna yang berasal dari alam seperti nada bersahaja dari lanskap perbukitan, warna hutan yang menenangkan, nuansa matahari terbenam yang indah di atas laut.

Jasa Desain Interior Hadirkan Fitur Air

Pertimbangkan untuk menambahkan fitur air, betapapun kecilnya. Untuk mensimulasikan pemandangan dan suara air di alam, yang mengalir menghasilkan keajaiban.

Jasa Desain Interior Tambahkan Tanaman Pemurni Udara

Penuhi rumah Anda dengan tanaman dan herba harum dari tanaman dalam pot hingga kebun herba vertikal. Tanaman pemurni udara seperti pohon Pinang, Golden Pothos, dan Peace Lily menambah kehidupan pada desain interior rumah Anda.

Desain interior biofilik

Tidak setiap desain interior ruang dapat dirancang untuk menggabungkan semua prinsip desain biofilik, tetapi seringkali ada banyak elemen yang berkontribusi yang secara kolektif akan meningkatkan interior dan kesejahteraan dari semua yang ada di dalamnya. Ini lebih dari sekedar penambahan satu atau dua tanaman pot! Cahaya alami, vegetasi, kualitas udara dan ventilasi yang baik, dinding hidup, tekstur alami, material dan pemandangan alam akan memberikan dampak yang positif.

Untuk artikel lainnya mengenai informasi terbaru hingga tips dan trik tentang desain interior rumah bisa kunjungi hydeliving.co.id dan cari tahu lebih banyak lagi inspirasi desain interior hunian.

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

Artikel ini disadur dari Why is Biophilic Design the New Trend in Home Décor?

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu