EN | ID
Tutup

Desain Ruang Laundry di Rumah Modern

diposting 1 September 2020

Desain Ruang Laundry di Rumah Modern

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Dalam arsitektur residensial, selalu ada ruang sentral yang sangat diperlukan untuk Anda maupun keluarga Anda, dan ruang perferal yang lebih mudah diabaikan. Saat mendesain rumah, tugas dari arsitek dan desain interior adalah mengonfigurasi, menghubungkan, dan mengintegrasikan berbagai fungsi dengan cara yang paling efisien, perlu memprioritaskan beberapa ruang di atas detail desain rumah yang lain. Dan meskipun saat ini banyak yang mendesain rumah dengan cara yang semakin beragam, Anda dapat mengatakan bahwa kamar tidur, kamar mandi, dan dapur adalah ruangan inti dasar dari setiap desain interior rumah, memfasilitasi ruang istirahat Anda, menyiapkan makanan, dan kebersihan pribadi. Kemudia desain interior pada ruangan lainnya seperti ruang tamu, dan area lainnya juga penting untuk desain diperhatikan dengan adanya koridor dan tangga di dalam rumah untuk menghubungkan antar ruangan. Setiap ruang memiliki fungsinya masing-masing, dan memungkinkan Anda sebagai penghuninya untuk menjalankan fungsi tersebut dengan cara yang lebih mudah dan nyaman.

Sesuaikan dengan Desain Rumah Mungil

Namun, jika Anda memiliki ukuran yang mungkil di kamar mandi Anda bisa berarti lebih banyak ruang untuk ruang Anda lainnya, misalkan saja ruang tamu atau Andda bisa juga menghilangkan beberapa ruang yang tampaknya bisa dikurangi bisa memberi lebiih banyak ruang untuk kebutuhan yang lebih penting. Di dunia ini yang sudah terlalu padat dengan kota-kotanya yang semakin padat, apa fungsi yang telah Anda kurangi untuk memberi lebih banyak ruang pada hal-hal penting lainnya? Anda bisa mengetahui ruang-ruang apa saja yang bisa direduksi dan diintegrasikan ke area lainnya di dalam rumah Anda untuk memberi fungsi lain pada ruang tersebut.

Dengan sedmakin sedikitnya pengecualian dalam desain interior, tampaknya tempat mencuci pakaian akan semakin menjadi sebuah kemewahan dalam hunian yang kurang Anda perlukan. Saat ini, masih banyak kamar mandi yang dulunya telah menjadi cucuian pribadi pada desain rumah Anda, dan binatu yang sangat membantu dulu telah menjadi tempat yang dikurangi, hinga membuat ruang minimum yang dapat menempati mesin cuci Anda. Alat ini, yaitu mesin cuci sekarang berkembang rancangan desainnya juga dengan model 3D.

Sebelum industrialisasi, orang-orang harus mencuci pakaian mereka dengan tangan dan tempat cuci yang kolektif di lingkungan Eropa pada tahun 1800-an menjadi hal yang paling umum. Apalagi di daerah pedesaan, pencucian tekstil juga sering dilakukan di sungai atau sumur terdekat, memanaskan air dengan kayu bakar. Namun, dengan menjamurnya pipa dan saluran air, proses tersebut mulai berpindah ke bagian dalam rumah. Serangkaian peralatan untuk merendam dan menggosok pakaian kotor digantikan oleh penutup cucian yang dirancang lebih baik, termasuk tidak hanya untuk area cuci saja, tetapi juga fasilitas untuk mengeringkan, menyetrika, dan penyimpanan sudah menjadi pelengkap dalam desain area cuci atau laundry room.

Desain Laundry Room

Meskipun tidak semua orang memiliki akses ke dalam ruangan tersebut, dan di banyak tempat, mencuci dengan tangan tetap menjadi satu-satunya pilihan bagi banyak keluarga, pembuatan mesin cuci juga sedikit mengubat aturan moodelnya alam desain rumah kontemporer. Ada hal unik dari perkembangan desain mesin cuci yang melengkapi interior rumah, mesin cuci pertama pada akhir abad ke tujuh belas, dengan drum kayu berputar yang dioperasiikan secara manual, Anda pasti pernah melihatnya, desain model mesin cuci tersebut sering kali Anda temui di dalam adegan film lama. Perubahan ini meletakkan dasar bagi desain mesin cuci modern, berkembangn menjadi drum logam yang bermotor dan kemudian menuju desain mesin cuci elektik dan mesin cuci yang didesain dengan bukaan depan otomatis yang Anda kenal dan gunakan sampai saat ini. Desain mesin cuci yang sudah ada pada desain rumah Anda memiliki gaya yang baru dan bahkan sampai menambahkan kemungkinan mencuci dan mengeringkan dalam satu perangkat. Sangat praktis untuk Anda letakkan di area cuci atau di dekat ruang kamar mandi Anda.

Perkembangan dan reduksi dari desain mesin cuci yang memiliki ukuran sekitar 60 x 60 cm dan tinggi tidak lebih dari 990 cm dapat membantu Anda dalam meletakkannya di dalam desain rumah kontemporer. Semakin sedikit ukuran area yang harus Anda rancang, semakin banyak ruang lain yang bisa Anda manfaatkan, seringkali menghilangkan ruang cuci dan mengintegrasikan mesin cuci di kamar mandi, dapur, atau bahkan di dalam lemari juga furnitur lainnya yang telah dirancang khusus untuk mesin cuci. Misalkannya saja pada apartemen, para desainer dan arsitek merenovasii apartemen untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu, desainer maupun arsitek bisa saja membuat kecil kamar dan meminimalkan area binatu. Dengan menerapkan desain rumah tersebut, desain interior rumah akan langsung menghubungkan dapur, ruang makan, dan kkamar mandi yang dulunya menjadi bagian dari ruang lainnya sebelum dirancang untuk area mesin cuci. Anda bisa saja merancang ruang cuci yang memiliki ukuran tidak proposional untuk kebutuhan Anda sebagai penghuninya., dikurangi untuk menata ulang dan memperluas ruang dapur Anda.

 

Pada penerapannya, mesin cuci yang diintegrasikan ke dalam desain interior ruang  lembab seperti dapur atau kamar mandi, memanfaatkan sistem drainase yang ada dan permukaan umumnya tahan air. Jika Anda ingin meletakkannya di kamar mandi atau dapur, alat tersebut juga dapat ditutup atau disembunyikan dengan lapisan tembus cahaya atau dengan tirai sederhana yang mudah diatur,  solusi ini bisa saja Anda terapkan pada desain interior rumah Anda. Dalam banyak desain lain, ruang vertikal digunakan untuk menempatkan mesin cuci di rak tinggi, membebaskan ruang di lantai rumah Anda.

desain rumah

Solusi untuk masalah area mencuci pada desain rumah Anda bermacam-macam dan keefektikannya akan bergantung pada desain mendetail terhadap ruang yang tersedia, dimensi, dan model desain, juga kebiasaan dan kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah tersebut. Kebisingan dan getaran alat yang sedang dioperasi akan memiliki pengaruh terhadap estetika umum dari desain ruangan yang menjadi pertimbangan relevan bagi Anda. Terutama di ruang kecil, setiap objek yang melengkapi desain interiornya harus diperhitungkan dan pemikiran kreatif, dna inovatif menjadi penting agar fungsionalitas dan kenyamanan di dalam rumah dapat menyatu untuk meningkatkan kualitas hidup yang baik.

Selain hal mengenai area mesin cuci, apakah Anda memiliki masalah dalam desain interior rumah Anda? Jika Anda memiliki masalah dalam desain interior Anda dan ingin mengubahnya, Anda bisa menghubungi customer service kami pada halaman website ini dan kami siap membantu Anda.

Untuk artikel lain mengenai residensial, Anda dapat membacanya lebih lanjut di www.hydeliving.co.id dan Anda akan menemukan banyak informasi menarik mengenai residensial.

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Artikel ini disadur dari archdaily.com

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu