EN | ID
Tutup

BAGAIMANA DESAIN KANTOR DAPAT TERAPKAN KESEHATAN PASCA-PANDEMI?

diposting 27 Agustus 2020

BAGAIMANA DESAIN KANTOR DAPAT TERAPKAN KESEHATAN PASCA-PANDEMI?

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Bagaimana ruang kantor dapat beradaptasi untuk menjaga ruang kerja yang disukai karyawan sekaligus menjaga karayan tetap aman saat mereka bekerja dari kantor?

Interior desainer menghadapi tantangan baru saat orang-orang kembali bekerja dari kantor. Bagaimana Anda menyeimbangkan kebutuhan akan ruang yang menarik untuk karyawan Anda ketika datang ke kantor dengan tetap merasa aman dan nyaman? Setelah menghabiskan waktu berbulan-bulan bekerja dari rumah, banyak orang mengatakan bahwa mereka ingin kembali ke tempat kerja dengan satu atau cara lain. Banyak alasan konsisten yang diberikan, baik itu melalui survei atau studi lain yang Anda baca. Karyawan menjadi lebih produktif dan lebih menikmati pekerjaan saat mereka dapat terhubung dengan orang-orang di kantor. Studi menunjukkan bahwa orang-orang lebih suka bertemu, bersosialisasi dan terhubung dengan orang lain atau rekan kerja mereka secara langsung.

Beragam ruang di kantor mendukung berbagai mode kerja, khusunya kolaborasi yang tidak akan hilang begitu saja. Bahkan, permintaan para karyawan akan lebih banyak karena meskipun Anda dapat menyelesaikan beberapa jenis pekerjaan melalui video, Anda masih melakukan pekerjaan generative yang menciptakan ide-ide baru dan memecahkan masalah yang kompleks. Terkadang Anda tanpa sadar tetap suka untuk bekerja bersama di ruangan yang dirancang untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi.

Bekerja dari rumah, banyak dari Anda pasti telah melihat adanya perubahan pada pola kerja. Kemampuan Anda untuk beradaptasi saat bekerja dari jarak jauh bergantung pada hubungan yang dibangun dari waktu ke waktu melalui interaksi dan percakapan santai yang terjadi secara langsung. Anda pun akan mengetahui alasan kantor itu penting. Ruang informal atau tambahan tempat karyawan bersosialisasi, berkolaborasi, fokus, dan santai membuat hari kerja karyawan Anda lebih baik dan membantu mereka memabangun kepercayaan dan kerja sama yang kuat. Jadi bagaimana desain kantor Anda beradaptasi menjaga bagian ruang yang karyawan Anda sukai sekaligus menjadi ruang tersebut tetap aman?

Desain Kantor

Salah satu majalah desain bernama Work Design Magazine membagikan penelitaannya yang menghasilkan serangkaian prinsip kinerja untuk memandu desain ruang kerja bersama tempat orang-orang ingin bekerja dan menjadi produktif. Prinsip-prinsip ini tetap menjadi dasar untuk merancang ruang sosial dan kolaboratif para karyawan pasca-COVID 19. Namun, tantangan desain baru harus diselesaikan dengan menangani geometri dan pembagian desain ruang kerja.

Penerapan Jarak Sosial pada Desain Kantor

Sekarang orang-orang harus mempertimbangkan penerapan jarak fisik. Kedekatan orang dengan teknologi dan alat paling digunakan untuk ruang kerja terbuka dan tertutup dan dapat mengakomodasi karyawan yang bekerja secara jarak jauh. Furnitur-furnitur yang digunakan pada kantor Anda harus mempertimbangkan kepadatan dan penataan letaknya dengan cara baru agar dapat menunjukkan adanya jarak antar karyawan satu dengan yang lain.

Tidak hanya jarak jauh antar karyawan saja, setiap bentuk privasi seperi visual, informasional, dan ruang membantu orang merasa nyaman, bebas untuk berbagi ide dan membuat pekerjaan karyawan Anda terlihat. Tetapi privasi ruangan memiliki arti penting tambahan untuk keamanan. Adanya penambahan ruang dapat menciptakan batasan untuk melindungi orang dari rekan kerja di ruang kerja yang terletak berdekatan atau arus lalu lintas pada kantor.

Desain Furnitur Ruang Kantor

Selain desain ruang kerja, Anda juga bisa menperhatikan furnitur yang digunakan oleh karyawan Anda. Misalkan saja Anda mempertimbangkan berbagai macam postur aktivitas yang dilakukan karyawan Anda saat menata ruang kerja, seperti postur duduk, tinggi bangku, berdiri, ataupun bersantai dapat memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam menciptakan jarak yang lebih jauh dan memungkinkan adanya perubahan geomteri penataan letak furnitur sesuai kebutuhan.

Interior sebuah ruangan dapat menjadi daya tarik dan menghubungkan orang dengan jenis furnitur dan budaya dalam kantor tersebut. Sementara penyebaran virus yang bisa saja melalui permukaan, Anda memiliki fokus baru pada kebersihan untuk furnitur yang melengkapi desain interior kantor Anda dan hasil akhir yang terinspirasi dari tempat tinggal.

Tantangan Desain Kantor

Ada tiga tantangan desain utama yang ditemukan saat Anda mengetahui masalah baru dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman selama COVID-19. Memahami jarak dan kepadatan di dalam ruangan, serta hubungannya dengan pola sirkulasi dalam konteks spasial yang ada adalah kunci untuk menerapkan kebijakan keselamatan yang ada di ruang kolaborasi

  1. 1.      Jarak Fisik

Untuk menjaga jarak 6 kaki di sekitar setiap karyawan, furnitur harus menyediakan jarak yang memadai untuk memungkinkan setiap karyawan menjaga jarak yang disarankan dalam protokol kesehatan.

  1. 2.      Pola Sirkulasi

Orang harus dapat bergerak di dalam ruangan dengan tetap menjaga jarak. Sirkulasi yang aman bisa melalui ruang kolaborasi yang dapat dibuat dengan lebar dan memadai untuk jalur lalu-lalang. Dengan begitu, lalu-lintas akan terarah dan meningkatkan perlindungan di dalam kantor.

  1. 3.      Desain Spasial

Setiap desain ruang berbeda konteks penting untuk mengadaptasi desain kantor Anda yang sekarang. Apakah Anda ingin menerapkan ruangan dengan pengaturan terbuka atau tertutup? Memperbaiki dinding dan furnitur? Punya masalah dengan sirkulasi udara yang terbatas? Jalur yang sempit? Apa yang perlu diubah untuk menyediakan ruang atau pelindung yang memadai di dalam kantor? Anda harus memperhatikan desain yang tepat pada masa pandemi seperti ini.

Strategi Desain Kantor Masa Pandemi

Kepadatan, geometri,dan pembagian di setiap ruangan yang ada di kantor Anda adalah strategi utama yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan tantangan desain kantor pada masa pandemi. Anda bisa mengurangi jumlah orang yang ada di dalam suatu raungan agar memenuhi kebijakan jarak sosial 6 kaki, Untuk melakukannya, Anda bisa menata ulang furnitur yang ada di dalam ruang kerja karyawan Anda. Tidak hanya kepadatan di dalam kantor saja yang perlu Anda perhatikan, hal lain seperti unsur geometri juga menjadi penting. Unsur geometri berhubungan dengan penataan semua furnitur di dalam sebuah ruangan. Anda bisa mengubah penataan furnitur untuk memaksimalkan jarak dan meminimalkan jarak saat tatap muka.

Ada satu hal mudah yang bisa Anda tambahkan saat mengadaptasi desain kantor Anda adalah menambahkan panel agar bisa membuat batas dan pembatas antara karyawan, orang, dan juga jalur lalu-lintas karyawan di dalam kantor. Jika Anda menggunakannya dalam kombinasi dengan prinsip desain kantor pada masa pandemi, strategi ini akan menciptakan ruang kantor di mana orang-orang dapat berkolaborasi dan bersosialisasi dengan lebih aman. Raung bersama yang menawarkan kemamapuannya untuk beradaptasi di masa depan karena desain kantor Anda perlu berubah. Perubahan tersebut menjadi mudah karena furnitur seringkali diletakkan sendiri dan dapat dipindahkan lebih jauh atau ditempatkan pada sudut yang terlindungi.

desain kantor

Apakah desain kantor Anda sudah sesuai dengan penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi ini? Karyawan Anda harus merasa aman dan nyaman saat bekerja dari kantor. Jika Anda masih merasa bingung menetapkan desain kantor, memilih furnitur yang tepat atau penataan ruang kerja, Anda dapat menghubungi customer service kami untuk bekerja sama dengan kami mendesain ruang kantor Anda.

Artikel ini diadaptasi dari https://www.workdesign.com/

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu